Dengan Cara Apa Anak Muda berkontribusi Untuk Negeri?
Oleh : Khilda Jung

Tema sekaligus pertanyaan yang sangat menarik buat saya. Karena saya sangat berambisi untuk memajukan bangsa ini dengan cita-cita dan program saya. Modal bangsa untuk terus maju dan maju adalah dimulai dari memupuk benih-benih para pemuda sejak dini untuk dibina agar dapat berkarya selagi muda dengan tujuan dapat berkontribusi untuk negeri. Tentunya ini sangat dianjurkan untuk program pemerintah dalam mencanangkan generasi emas 2045 tepat saat 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Tentunya kami mengharapkan agar keadaan Indonesia mulai saat ini sampai waktu itu sudah benar-benar menjadi emas. Ini tantangan untuk warga negara Indonesia terutama para pemuda untuk mempersiapkan segalanya.

Apa saja menurut saya? Menulis!
Ya, kenapa menulis? Karena hal ini merupakan media selain lisan dalam mengungkapkan segala buah pikir kita yang mana dengan tujuan agar sampai ke pelosok-pelosok pemikiran masyarakat dunia. Dengan cara kita menulis akan menggambarkan ide-ide dan program diri untuk kesuksesan negeri. Bayangkan saja jika anak pemuda rajin membaca akan menjadi penulis muda yang hebat. Kenapa tidak percaya diri bahwa setiap orang itu bisa menulis. Berawal dari suka membaca. Karena kewajiban utama seorang penulis adalah membaca dahulu. Sebelum berkarya sangat baiknya kita membaca karya-karya megah sang penulis ternama yang mampu merubah zaman. Penulis dari negara manapun yang bisa menjadi inspirasi kita dalam program diri mensukseskan Indonesia Emas.

Dengan menulis, kemungkinan opini kita akan menyeruah atau merambah kemanapun. Bahkan para sastrawan dan penulis zaman sebelum kemerdekaan gemar menulis. Seperti puisi “Aku” karya Chairil Anwar yang mengatakan bahwa “aku ingin hidup seribu tahun lagi”. Memang benar puisi itu. Dengan cara menulis yang memberikan kebermanfaatan bagi masyakarat dunia akan terus hidup walaupun kita sudah mati. Tulisan itu abadi. Tulisan itu pemikiran yang abadi. Dimana itu kita mengharapkan semua yang kita tulis mampu dibaca semua orang dan mampu mengubah pola pikir masyarakat yang positif. Walaupun nanti kita sudah tiada, dengan cara menulis maka kita akan hidup selagi tulisan bermanfaat kita berkontribusi dalam pembangunan negeri.

Tulislah yang baik-baik agar mampu memberikan dampak terbaik. Tulislah hal-hal yang bisa membawa nama baik negeri. Dari mulai tingkat lokal, nasional, sampai tingkat internasional. Misal kita gemar menulis tentang kebudayaan. Ini sangat menjadi modal negeri dalam memperkenalkan budaya asli Indonesia agar senantiasa dapat hidup di tengah-tengah masyarakat dunia. Mencoba menulis dan menguak tentang kebudayaan budaya daerah masing-masing.  Agar kita lebih tahu dan menghargai karya nenek moyang kita terdahulu dan agar melestarikan budaya.

Yang kedua, program diri saya adalah menginginkan segenap aparatur pemerintah dan lainnya membuka banyak beasiswa pendidikan. Misal kuliah diluar negeri, pertukaran pelajar antar negara, atau studi banding. Setelah kita tahu makna dan apresiasi serta praktek budaya, kita harus berkontibusi untuk negeri. Bagaimana caranya? Dengan merambah pemuda-pemudi berpotensi dalam perkembangan negara untuk berkesempatan berkarya raya di masyarakat dunia. Memberikan bantuan berupa beasiswa penuh kuliah di luar negeri. Dengan syarat mampu berkontibusi dalam memajukan bangsa. Entah itu dalam negeri maupun luar negeri dengan atas nama Indonesia.
Dengan mengadakan pelatihan khusus bagi penerima beasiswa luar negeri dalam upaya kemapanan untuk berkarya di masyarakat dunia. Mengadakan kegiatan bertaraf internasional berbasis dunia. Agar kita tidak ketinggalan zaman dengan memanfaatkan segala teknologi yang ada. Semakin banyak pelatihan dan peluang beasiswa ke luar negeri akan menjadi modal utama kita dalam memupuk benih-benih kejayaan Indonesia. Setelah sukses menempuh pendidikan diluar negeri atau belajar arti kemajuan dalam negeri luar tersebut diharapkan pemuda memiliki gambaran seperti apa kontribusi untuk negeri yanh harus dipikirkan mulai sekarang. Pentingnya pendidikan bagi program kontribusi pendidikan para generasi. Pemerintah hendaknya benar-benar membiayai pendidikan dan membina semua pemuda bagaimana caranya berkontribusi untuk negeri dalam kemajuan bangsa. Mencontoh strategi negeri yang sudah sukses tentang pendidikan dan program nya disana agar dituangkan realita dan dipraktekkan di dalam negeri. 

Wangon, 13 Juli 2018

Loading...
Disclaimer
Artikel "tulisan" yang terdapat di situs web ini "ayonulis.net" ditulis oleh pengguna. pengguna / penulis yang bertanggung jawab "isi tulisan". Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab atas hal yang dapat ditimbulkan dari artikel di situs web ini "ayonulis.net, namun setiap orang dapat mengirim surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola. Pengelola situs web berhak memuat artikel hingga penonaktifan akun penulis jika tersedia konten yang dipertanyakan di web ini "ayonulis.net".
Hosting Unlimited Indonesia

Silakan berikan komentar kamu mengenai Artikel ini. "berkomentarlah dengan bijak".